Sejarah TKIT Wihdatul Ummah Makassar

SEJARAH SINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TK ISLAM TERPADU WIHDATUL UMMAH

logo YPWI_FINAL

Berawal dari terbentuknya Pendidikan Guru TK Al Quran (PGTKA) pada ormas Islam bernama Wahdah Islamiyah yang dahulunya bernama yayasan fathul muin pada tahun 1995. Ormas Islam ini berorientasi besar kepada Da’wah dan Pendidikan. yang saat ini menjadi sebuah Ormas Islam yang mengedapankan dakwah yang berlandaskan kepada Alquran dan sunnah. Salah satu ladang da’wah kami terletak di unit pendidikan. maka dengan adanya PGTKA diharapkan bisa melahirkan pendidik-pendidik yang memiliki wawasan ke PAUD an dan menjadikan landasan aqidah yang lurus di dasari oleh  Al Quran dan Sunnah agar bisa mencetak generasi unggul, beraqidah yang lurus dan berwawasan luas yang kelak bermanfaar bagi ummat, nusa dan bangsa. Lulusan PGTKA ini kemudian diharapkan kelak menjadi tenaga pengajar yang professional dalam mendidik, membimbing dan mentarbiyah anak usia dini berlandaskan Al Quran dan Sunnah serta nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia. pada akhirnya tahun 1998 didirikanlah Taman kanak-kanak bernama TK Islam Terpadu Wihdatul Ummah Makassar.

Unit Pendidikan kami berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah.  Alhamdulillah berkembangnya sekolah islam terpadu di Kota Makassar  sangatlah pesat. Berkat doa dan usaha dari seluruh stake holder dari pengelola, pendidik dan tenaga kependidikan sampai ke tingkat atas yayasan serta masyarakat yang telah menaruh kepercayaan yang sebesar-besarnya kepada lembaga kami, akhirnya saat ini kami memiliki 7 rombongan belajar dari usia Kelompok bermain sampai dengan Taman Kanak-Kanak. Sekolah kami memiliki kekhasan dan keunggulan dalam bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral dengan keterpaduan nilai keislaman dalam penananaman aqidah, akhlak dan pembiasaan ibadah sejak usia dini. Dilengkapi dengan menerapkan model pembelajaran Sentra, yang didalamnya digunakan strategi pembelajaran Saintific dan Project based Learning. Saat ini bukan hanya layanan Taman Kanak-kanak saja namun juga telah dibuka Layanan Kelompok Bermain (Play Group) dan Taman Penitipan Anak (Day Care). Hal ini diharapkan menciptakan suasana bermain dan belajar yang menyenangkan sehingga tercapai apa yang menjadi tujuan dan target pembelajaran pada Anak Usia dini yang kami didik bersama.

KONSEP KURIKULUM TERPADU

TK ISLAM TERPADU LINGKUP YPWI

Pendidikan sangat menetukan pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa yang akan datang.

Diusia 0 – 7 tahun bersosialisasi terhadap lingkungan dan sesamanya. Inilah masa keemasan. GOLDEN AGE.

KURIKULUM TERPADU

KURIKULUM 2013 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Pengembangan Kurikulum Keislaman Anak Usia Dini

Bermain Sambil Belajar
Usia Persiapan Memasuki

– – Usia TK : 4 s/d 6 tahun

–Usia KB : 3-4 Tahun

–UsiaTPA : 1-6 Tahun

 

Keunggulan :

  1. Anak mampu menghapalkan minimal 20 – 30 surah pendek Target Maksimal juz 30
  2. Anak mampu membaca, menulis berhitung dan berkomunikasi permulaan secara sederhana dalam bahasa Indonesia .
  3. Anak dibekali dengan pendidikan karakter bekal akhlak islami
  4. Anak Memiliki kedisiplinan dan kemandirian.
  5. Sistem pendidikan yang terintegrasi antara ilmu agama dan ilmu umum.
  6. Kegiatan ekstrakurikuler bervariasi, terencana, terarah dan sistematis.
  7. Lingkungan yang islami, aman dan menyenangkan.
  8. Guru dan SDM yang ramah, berdedikasi dan professional.
  9. Sarana dan Prasarana yang mendukung kegiatan PBM.

STANDAR KOMPETENSI

  1. Penanaman Aqidah, pembinaan akhlaq Islami dan Pengenalan Ibadah praktis
  2. Menghafal surat-surat pendek (target minimal 20-30 surah) dan Hadits-hadits pilihan
  3. Pengenalan sederhana simbol bahasa dan komunikasi Bilingual  (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
  4. Pengembangan Karekter/pembiasaan kemampuan dasar Life skill dan aktualisasi diri
  5. Pengembangan bahasa, fisik motorik, psikomotorik, seni dan Characters building.

 

KOMPETENSI DASAR

  1. Mentauhidkan Allah melalui pengenalan anak didik dengan ciptaan Allah,
  2. Menghafal surat-surat pendek dan hadits-hadits pilihan serta mengenal Islam dan tata cara ibadah praktis

3.      Mengamalkan dan memiliki akhlaqul kariimah serta tanggung jawab moral

  1. Mengenal Bahasa sederhana dan komunikasi bilingual  (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
  2. Memahami konsep sederhana dalam memecahkan masalah sehari-hari melalui ransangan kognitif peserta didik
  3. Melakukan aktifitas secara terkoordinasi guna melatih sensor motorik peserta didik
  4. Mengeksprsikan diri, memunculkan kreasi, gagasan dan imajinasi dalam media.

 

                              TARGET YANG INGIN DICAPAI

  1. Membentuk siswa yang bertauhid dan berakhlak mulia.
  2. Anak diarahkan menjadi Hafidz dan Hafidzah (Penghapal Quran)
  3. Anak memiliki kedisiplinan dan kemandirian.
  4. Anak mampu menulis dan membaca dalam Bahasa Indonesia, dan berkomunikasi secara sederhana dalam bahasa Inggris aupun bahasa Arab.
  5. Anak Mampu Mengenal angka, huruf, kata dan kalimat secara sederhana.
  6. Anak mampu mengaktualisasikan diri melalui kegiatan Pengembangan Diri

Kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas, tetapi juga dilakukan diluar kelas sesuai dengan pembelajaran tematik.

Hal tersebut bertujuan untuk menyelaraskan konsep pembelajaran yang diajarkan dengan System  Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)

yang menerapkan metode Happy and Creative Learning (HCL) sehingga Gaya Mengajar Guru sesuai dengan Gaya Belajar Siswa.

Metode ini akan melahirkan proses Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.

PROGRAM PENUNJANG

1.      Kegiatan Ekskul

Kesenian

– Mewarnai

– Finger Painting

– Kolase

– Mozaik

– Membatik

– Origami

– Bernasyid

– dsb

 

Olahraga

– Renang

– Jalan Santai

– Senam / Fun Gym

– Jalan Keseimbangan

– Mini Soccer

– Rope Climbing

– Sepeda santai

– Bulu Tangkis

– Out Bond

 

Religi

·   Praktek Wudhu

·   Praktek Sholat

·   Manasik Haji

·   Tadabbur Alam

 

Tujuan Ekstrakurikuler :

Untuk mengembangkan Daya Fikir Kreatif anak

– Emosi

– Kesehatan Ruhiyah dan Jasmani

– Eksplorasi bakat dan minat anak dsb

PROGRAM SCHOOL VISITING ( Kunjungan ke sekolah )

Didalam program ini menjalin hubungan baik antara pihak sekolah dengan orang tua yang bertujuan :

1.      Sosialisasi program sekolah

2.      Mengetahui perkembangan anak didik disekolah

3.      Silaturahmi

4.      Pengajian orang tua

5.      Kegiatan Sosial

 

PROGRAM HOME VISITING ( Kunjungan rumah )

Pelayanan terhadap anak didik dan orangtua murid yang sakit dilakukan dengan cara

mengadakan kunjungan ke rumah oleh guru pembimbing.

WAKTU PBM

PEMBELAJARAN TK
Scheduling Activity Cara
Senin – Kamis
07.30 – 08.00

(Diluar Kelas)

MAJELIS PAGI

Pengaturan / Berbaris

Berdzikir

Mendengar Surah

 

 

·        Pendisiplinan/Pengaturan

·        Pembiasaan

·        Murottal/Guru yang bertugas secara berpasangan melafalkan surah pendek

·        Scene Setting, Cerita sederhana, Tanya Jawab dan Menyanyi

08.00 – 08.30 Tahfidzul Qur’an

Mengaji

 

 

 

 

 

Pengenalan Pembelajaran Tematik

·        Clasikal dan Menghapal sambil bermain (variatif seperti; lingkaran besar/kecil, mengangkat dan memindahkan kursi, kereta api dsb)/akan dicoba menggunakan media gambar

·        Menyambung Surah setelah awal surah disebutkan

 

  • APERSEPSI MATERI PEMBELAJARAN
08.30 – 09.30 Proyek Kegiatan pengembangan diri, seni, kognitif, dan sensor motorik berdasarkan indikator Scene setting yang telah direncanakan ·        Pemberian, pengarahan, dan penyelesaian activity project

·        Sambil menyelesaikan proyek kegiatan peserta didik diperdenganrkan murottal Al Quran yg disetting sesuia dengan hapalan peserta didik

09.30 – 10.30 Full Time for playing

(30 menit anak laki-laki bermain sembari anak perempuan makan dan 30 menit anak permpuan makan sembari anak laki-laki makan)

·        Fun Games, Pengawasan, Pengenalan permainan anak, dan bermain bersama

·        Bermain sambil mendengarkan audio murottal Al Qur’an yang di setting sesuai hapalan peserta didik

P10.30 – 11.00

 

 

 

 

Bernasyid

Menghapal Hadits

 

 

Menghapal nama-nama surah-surah

Social Expression, mention the things in English and Arabic

·        Fun Learning

·        Pembiasaan,Cerita Makna Hadits dalam kehidupan sehari-hari

·        Pembiasaan, dilafalkan dalam lagu atau nada nasyid yang dibuat secara creative oleh masing-masing guru

·        Bhs. Arab dan Inggris lewat lagu dan playing Card/media

 

11.00 – 11.30 Membaca tambahan

Pemberian Reward

 

Persiapan Pulang

 

 

·       Ruang Literasi, Media Literasi

Apresiasi, pujian, Gelaran (Laminating Card reward) dan nasehat

·        Merapikan/Memasukkan barang milik siswa serta pembagian hasil portofolio

Jum’at
07.30 – 08.00

(Diluar Kelas)

Majelis Pagi

Pengaturan / Berbaris

Berdzikir

Mendengar Surah

 

 

 

·        Pendisiplinan/Pengaturan

·        Pembiasaan

·        Murottal/Guru yang bertugas secara berpasangan melafalkan surah pendek

08.00 – 08.30 Menghapal surah pendek ·        Clasikal dan Menghapal sambil bermain (variatif seperti; lingkaran besar/kecil, mengangkat dan memindahkan kursi, kereta api dsb)/akan dicoba menggunakan media gambar

·        Menyambung Surah setelah awal surah disebutkan

08.30-09.00 Praktek sholat/praktek wudhu ·        Clasikal dalam kelas
09.00 – 09.40 Full Time for playing

(20 menit anak laki-laki bermain sembari anak perempuan makan dan 20 menit anak permpuan makan sembari anak laki-laki makan)

·        Fun Games, Pengawasan, Pengenalan permainan anak, dan bermain bersama

·        Bermain sambil mendengarkan audio murottal Al Qur’an yang di setting sesuai hapalan peserta didik

09.40 – 09.50 Muroja’ah hapalan ·        Fun Learning (seperti bermain lingkaran, moving time dsb) berdasarkan kelompok kecerdasan Majemuk peserta didik.

 

09.50 – 10.00 Pemberian Reward

 

Persiapan Pulang

·        Apresiasi, pujian, Gelaran (Laminating Card reward) dan nasehat

·        Merapikan/Memasukkan barang milik siswa serta pembagian hasil portofolio

Sabtu
07.30 – 08.00

(Diluar Kelas)

Pengaturan / Berbaris

Berdzikir

Mendengar Surah

 

 

 

·        Pendisiplinan/Pengaturan

·        Pembiasaan

·        Murottal/Guru yang bertugas secara berpasangan melafalkan surah pendek

08.00 – 09.00 Ekstrakurikuler (jenisnya disesuaikan dengan scheduling keg. Ekstra yang telah disusun) ·        Contoh keg. Fun Gym/senam dilakukan sec. Bersama-sama( asaatidzah dan murid) dengan diiringi nasyid

·        Renang

·        Jalan Santai

·        Nonton bareng

·        Bermain sepeda

·        Tarik Tambang dsb

00.90-09.40 Full Time for playing

(20 menit anak laki-laki bermain sembari anak perempuan makan dan 20 menit anak permpuan makan sembari anak laki-laki makan)

·        Fun Games, Pengawasan, Pengenalan permainan anak, dan bermain bersama

·        Bermain sambil mendengarkan audio murottal Al Qur’an yang di setting sesuai hapalan peserta didik (Hapalan tersebut akan di rewind secara automatically

09.50 – 10.00 Pemberian Reward

 

Persiapan Pulang

·        Apresiasi, pujian, Gelaran (Laminating Card reward) dan nasehat

·        Merapikan/Memasukkan barang milik siswa serta pembagian hasil portofolio

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS